Home > Kegiatan Lain > MOS SMA Negeri 1 Seririt telah resmi di buka

MOS SMA Negeri 1 Seririt telah resmi di buka

ups

SERIRIT, SMAN1SERIRIT.sch.id — Masa Orientasi Peserta Didik Baru  adalah merupakan bentuk kegiatan yang diselenggarakan sebagai upaya untuk menjembatani, mengenal lingkungan sekolah yang baru, baik yang berupa lingkungan fisik, lingkungan social, maupun program pembelajaran. Dalam proses pengenalan ini diharapkan peserta didik  mampu menyesuaikan diri terhadap situasi dan kondisi sekolah yang mereka masuki. Untuk itu, peserta didik memerlukan proses /tahapan berupa peninjauan, pengenalan, dan selanjutnya mampu beradaptasi terhadap lingkungan baru yang mereka masuki.  Dalam kegiatan ini, hal terpenting yang harus diberikan kepada peserta didik baru selain lingkungan fisik dan sosial adalah pengenalan budaya sekolah yang merupakan pencitraan dari sekolah dan yang telah menjadi karakter sekolah.

Kegiatan Masa orientasi yang di selenggarakan di sekolah SMA Negeri 1 Seririt tentu memiliki Dasar Hukum yang dapat dipergunakan sebagai landasan dan acuan dalam melaksanakan  kegiatan yaitu :

  1. UU. Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Permen Diknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan
  5. Surat Edaran Direktur Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 220/C/Mn/2008 tanggal 18 Januari 2008, perihal Kegiatan ”Masa Orientasi Peserta Didik Baru”
  6. Pedoman Pembinaan Masa Orientasi Siswa (MOS) Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jendral Pembinaan Sekolah Menengah Atas 2010
  7. Hasil Rapat Koordinasi Kepala Sekolah dan Staf Pimpinan tanggal 1 Juli 2013

Dalam kegiatan MOPDB di SMA Negeri 1 Seririt memiliki beberapa tujuan  yang ingin dicapai seperti:

  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik dan sosial sekolah yang baru  dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti kegiatan proses belajar mengajar
  2. Memberikan  kesan yang positif dan menyenangkan kepada  siswa terhadap lingkungan pendidikan yang baru dimasuki.
  3. Mendorong siswa untuk bersikap proaktif
  4. Mendorong siswa untuk memiliki kepercayaan diri sehingga berani mengungkapkan  pendapat.
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  6. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal.
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar secara formal di kelas.
  9. Sebagai ajang menjalin tali persaudaraan  antara siswa baru, dengan seluruh warga sekolah (kakak senior, para guru dan staf pegawai)

MOS atau Masa Orientasi Siswa Baru Tahun 2013 Telah secara resmi di buka oleh Bapak Kepala SMA Negeri 1 Seririt I Ketut Sutaya, S.Pd. Upacara di gelar di Halaman Upacara SMA Negeri 1 Seririt pagi ini yang di ikuti oleh seluruh siswa baru berserta Guru dan Pegawai di lingkungan SMA Negeri 1 Seririt. Disela-sela upacara MOS, Bapak Ketut Sutaya S.Pd yang juga sebagai Kepala SMA Negeri 1 Seririt menyampaikan kepada peserta upacara agar peserta didik baru ikut berperan aktif dalam menjaga sekolah serta mengikuti tata tertib yang sudah berlaku di SMA Negeri 1 Seririt. (ade)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*